Upload YouTube Lebih Kencang


Pengguna internet yang terbiasa mengakses situs YouTube akan semakin terpuaskan. Dengan segera hadirnya teknologi telekomunikasi seluler generasi ke-4, mengunggah dan mengunduh video yang tayang streaming makin kencang.

"Keuntungan paling mudah dirasakan adalah saat upload dan download video streaming seperti YouTube," kata pengamat telekomunikasi Joko Suryana di Shanghai, China, Rabu (20/7/2011) pagi.

Joko dosen ITB Bandung. Ia Associate Professor Fakultas Sekolah Teknik Elektro dan Informatika ITB Laboratorium Telekomunikasi Radio dan Gelombang Mikro menjadi pemateri pada acara sepekan Telkomsel di China.

Joko Suryana melanjutkan, teknologi 4G memiliki pita lebar (broadband) sehingga memungkinkan akses internet pada kecepatan tinggi.

Selama ini, pengguna situs YouTube lebih banyak untuk tujuan menonton atau download. "Bila menggunakan 4G, orang akan lebih mudah meng-upload video ke YouTube karena uplink sudah terbuka lebar," katanya.

"Nanti, downlink file ukuran besar pun mudah sampai 100 Mbps. Dan uplink akan lebih kencang bisa sampai 50 Mbps jauh lebih cepat dari teknologi HSPDA saat ini, maksimum 21 Mbps," urai Joko.

Seperti booming jejaring sosial blogger, facebook atau twitter pada teknologi 3G, nanti, bila 4G diaplikasi, karena masih menunggu regulasi pemerintah dan terbentuknya ekosistem/pengguna 4G, orang-orang akan banyak mengunggah video ke internet.

Kemungkinan, orang-orang tenar mendadak karena mengunggah (upload) video ke YouTube akan bertambah banyak. Misalnya, penyanyi belia Justin Bieber, Briptu Norman, atau Cinta dan Jojo.

4G merupakan pengembangan dari teknologi 3G. Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE) menamai teknologi 4G, adalah 3G and beyond. Karena melalui proses evolusi dari teknologi seluler sebelumnyan, generasi pertama PSTN (telepon rumah), kemudian GSM/CDMA, GPRS-EDGE, dan 3G, maka teknologi 4G juga disebut Long Term Evolution (LTE).

Sistem 4G akan dapat menyediakan solusi provider internet komprehensif dan terintegrasi antara suara, data, dan arus multimedia dalam channel yang sama.

Ini yang lebih penting, dengan kecepatan maksimum, 100 Megabites/detik, dan 1 Gigabite/detik, pengguna internet pada telekomunikasi bergerak sangat dimanjakan.

4G ini fokusnya pada data, seperti menghasilkan SMS, gambar, grafik, video streaming, video call, teleconference. "Nanti, kalau teleconference, akan mudah, resolusi gambar tinggi dan cepat," kata Joko.

Written by : UltraDN - About Me

ultradn.blogspot.com sebuah situs media informasi yang membahas seputar dunia hiburan, selebritis, teknologi, kesehatan, olahraga dan berita lainya yang di ambil dari berbagai sumber.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

0 komentar:

Posting Komentar